Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Jumper Komputer

Rabu, 29 Juni 2016



Jumper cmos



Jumper merupakan sebuah konektor yang memiliki ukuran kecil. Jumper yang terdapat pada komputer digunakan untuk melakukan setting pada motherboard. Selain itu, jumper juga mempunyai fungsi untuk menghubungkan atau memutus hubungan arus pada suatu sirkuit. Pada sebuah komputer biasanya jumper digunakan untuk menyetting Motherboard, Harddisk, dan VGA tertentu.

Berikut ini adalah macam-macam jumper yang terdapat pada Motherboard :
1. Jumper CMOS
Di dekat baterai CMOS terdapat 3 buah pin yang digunakan sebagai tempat dihubungkannya jumper. Pada pin ke 1 dan 2 jika dihubungkan dengan jumper maka CMOS berada pada posisi normal. Akan tetapi bila kita ubah jumper pada posisi 2 dan 3, maka komputer kembali pada posisi default.

2. Jumper VGA
Pada tipe motherboard tertentu terdapat sebuah jumper VGA yang terdiri dari 3 buah pin. Fungsinya adalah untuk menentukan VGA mana yang akan digunakan, apakah yang onboard atau VGA yang ada pada slot. Pada saat ini jumper VGA jarang digunakan karena sudah digantikan menggunakan auto setting.

3. Jumper USB

Sama seperti jumper pada CMOS dan VGA, jumper USB ini juga memiliki 3 kaki pin. Apabila jumper ini tidak dipasang, maka USB tidak bisa berfungsi.

4. Jumper Audio
Jumper yang satu ini mempunyai 10 kaki pin berjejer dengan pin nomor 8 kosong. Fungsi jumper audio yaitu untuk mengaktifkan suara.

5. Jumper RAM
Jumper ini berfungsi untuk menentukan slot RAM yang akan digunakan. Biasanya jumper RAM ini terdapat pada sebuah motherboard yang mempunyai 2 jenis slot RAM yang berbeda, misalnya DDR1 dengan DDR2, maka digunakanlah jumper ini untuk menentukan salah satu slot yang diperlukan.

2 komentar:

  • Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Text

    Social Profiles

    TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInEmail

    Info

    Lorem ipsum no has veniam elaboraret constituam, ne nibh posidonium vel.

    280 Px

    280 Px

    120 Px

    125 Px

    280 Px